Home / Dunia / Sekilas Profil Duke University

Sekilas Profil Duke University

Sekilas Profil Duke University

Melanjutkan studi ke luar negeri memang merupakan salah satu hal yang menarik untuk dibahas. Apalagi, jika negara tujuannya merupakan negara tujuan yan menarik untuk melanjutkan studi. Salah satu negara tujuan terfavorit adalah Amerika Serikat. Negara ini sering menjadi tujuan untuk melanjutkan studi kuliah atau bahkan hanya sekedar kursus di luar negeri. Negara yang kerap dikenal dengan ‘ Negeri Paman Sam’ ini memang selalu menarik perhatian di khalayak umum. Bukan hanya sekedar ketenarannya, namun kualitas dari lembaga pendidikannya memang diakui berkualitas dari seluruh penjuru dunia. Dapat kuliah di negeri sekaligus belajar mandiri dan bersosialisasi dengan masyarakat dunia, sangat menarik bukan?

Kamu salah satu siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang riset?  Atau kamu mencari informasi mengenai kampus di Amerika Serikat? Maka, isi bahasan berikut ini tepat untuk kamu baca, sebab akan kita jelaskan tentang salah satu Universitas yang ada di USA yang bisa menjadi refrensi atau tujuan untuk melanjutkan studi kamu nantinya, Duke University !

Hal pertama yang harus kita ketahui tentunya adalah informasi umum dari kampus ini. Duke University didirikan pada tahun 1838 di Durhan, North California. Kampus ini didirikan oleh ‘Methodists and Quakers’. Duke University merupakan universitas swasta terbaik yang mengampu bidang riset yang ada di benua Amerika bahkan di dunia. Awalnya, universitas ini bernama ‘Brown school’. Dahulunya universitas ini memiliki sejarah dan ikatan simbolik dengan ‘United Methodist Chruch’, namun sampai saat ini kampus tersebut telah berdiri sebagai lembaga pendidikan yang independen dan non sektarian. Banyak sekali alumni dari kapus ini yang berhasil, di antaranya telah menjadi ilmuan, ahli hukum, humanitas, dokter, teknik sipil, dan di sentra bisnis. Sehingga tidak terlalu berlebihan, jika Duke University digadang-gadang menjadi salah satu kampus yang bergengsi di Amerika bahkan di dunia ini.

Duke University berdiri area seluas 8.610 hektar yang memiliki 220 bangunan  serta memiliki 7.200 hektar hutan yang dikenal dengan ‘Duke Forest’. Kampus ini terlihat sangat megah dari segi arsitekturnya yang khas dan dibagi dalam 4 bagian, yaitu : Kampus Barat, Kampus Tengah, Kampus Timur, dan Kampus Pusat Medis. Karena lokasinya yang sangat luas maka tak perlu khawatir, sebab keempat kampus utama ini dihubungkan dengan sarana dan prasana transportasi bus gratis. Selain memiliki area komplek kampus yang lcukup las, Duke University ini memiliki 15 hektar area yang dipergunakan sebagai laboratorium kelautan yang terletak di area pantai Atlantik di Beaufort, hal ini sangat menguntungkan karena juga dapat menunjang fasilitas pendidikan mahasiswa di Duke University yang mengambil program ilmu kelautan.

Universitas ini tidak hanya dikenal dengan nama Duke University. Masyarakat dunia dan mahasiswa sering menyebut kampus ini dengan sebutan “Gothic Wonderland”, yang mana sebutan ini muncul karena arsitekturnya yang unik yang biasa disebut Gothic Collegiate di kampus sisi barat. Bangunan-bangunan akademik yang dimiliki gaya arsitektur gaya Prancis dan Italia yang rumit, khususnya di bangunan Quandrangles. Sedangkan kampus timur memiliki gaya arsitektur Georgia.

Keempat bagian kampus di Duke University memiliki ciri khas masing-masing. Bangunan yang sangat menarik perhatian di Duke University adalah “Chapel Duke” yang berdiri megah di tengah-tengah Kampus Barat. Kapel ini memiliki kapasitas sebanyak 1.600 orang yang merupakan salah satu bangunan tertinggi yang ada di kawasan Durham country. Selain itu juga terdapat ‘Sarah P’. ‘Duke Gardens’, yang menjadi salah satu bangunan terfavorit masyarakat setempat, yang didirikan pada tahun 1930-an dan memiliki luas lahan 55 hektar.

Kegiatan dan studi akademik yang dimiliki Duke University dibagi menjadi 10 fakultas ataupun jurusan, di antaranya: Sanford School of Public Policy, Pratt School of Engineering, School of Nursing, Nicholas School of the Environment, School of Medicine, School of Law, The Graduate School, Fuqua School of Business, Divinity School, Trinity College of Arts and Sciences. Selain memiliki fakultas dan jurusan, Duke Universiypun memiliki 8 Institusi/ lembaga seperti: Interdisciplinary studies, Social Science Research Institute, Jhon Hope franklin Humanities Institute, Duke Global Health Institute, Institute for Brain Sciences and Policy, Kenan Institute fir Ethics, Nicholas Institute for Environmental Policy Solutions, dan Duke Institute Brain Sciences.

Duke University telah menghabiskan dana berkisar 835 juta Dollar US untuk membangun sebanyak 34 proyek konstruksi utama sebagai bagian dari rencana strategis pembangunan, dan pengembangan fasilitasnya yang berlangsung semenjak tahun 2001 hingga tahun 2005. Rencana ini juga termasuk dalam penambahan jurusan akademik untuk hukum, bisnis, sekolah teologi, keperawatan, museum seni, perpustakaan baru, 2 bangunan perumahan, 2 bangunan bangunan penelitian genetik, komplek rekayasa/ teknik, bangunan kebijakan publik, institusi untuk mata, pusat pelatihan sepak bola, French Family Science Center, plaza khusus untuk mahasiswa, dan 2 bangunan riset medis. Pembangunan ini menelan dana besar-besara yang dan ini memperlihatkan bagaimana Duke University benar-benar memikirkan perkembangan dan pengembangan di bidang akademis hingga olahraga.

Selain mengurusi bangunan gedung, Duke University juga tidak setengah-setengah dalam menangani kebutuhan mahasiswanya. Bahkan, Duke University mewajibkan untuk tinggal menetap di kampus dalam kurun waktu 3 tahun pertamanya dalam kehidupan sarjana di kampus ini. Hal ini mendapatkan sambutan baik dan dukungan dari pemerontah yang membantu para mahasiswa, terutama bagi mahasiswa yang berasal dari luar Durham agar terhubung lebih erat dan mempertahankan rasa kekeluargaan yang dimiliki mahasiswa dan staff di kampus ini. Melalui ‘Duke Community’, Duke University berusaha memperlihatkan bagaimana pentingnya arti dari sebuah kebersaamaan antar mahasiswa. Semua mahasiswa baru “freshman” akan di tempatkan di salah satu tempat dari 14 tempat tinggal yang berada di Kampus Timur. Sedangkan mahasiswi, di tempatkan di Kampus Barat atau Tengah.

Membahas mengenai biaya perkuliahan, Duke University menawarkan biaya yang berkisar $58.865 dengan estimasi biaya yang akan kamu keluarkan selama setahun adalah biaya kuliah dan akademik sebesar $43.623, hunian dan fasilitasnya $11.770, buku dan biaya pribadi $ 3.472. Biaya ini sudah cukup rendah bila dibandingkan dengan biaya kampus yang ada di Amerika Serikat lainnya. Kamupun bisa mendapatkan beasiswa apabila memiliki prestasi yang cukup cemerlang di universitas ini.

Setelah mengetahui segala sesuatu mengenai kampus ternama dan termegah ini, tak ada salahnya kamu ikut mendaftarkan diri sebagai salah satu mahasiswa di Duke University. Cara mendaftar sebagai mahasiswa bisa melalui beasiswa luar negeri maupun mendaftar melalui aplikasi pendaftaran dari kampus Duke University. Kamu harus mulai mempersiapkan dari sekarang kebutuhanmu yang diperlukan untuk berkuliah di sana. Dengan bergabung dengan kampus yang tepat, maka kamu dapat mengembangkan segala potensi yang kamu miliki terutama di bidang riset, penelitian, dan teknologi. Duke University ini merupakan salah satunya, kampus yang mampu menciptakan professional-profesional terkemuka, dan bisa saja kamu adalah salah satunya! Jadi, jangan ragu lagi. Selain, pengalaman belajar, kamu juga mendapatkan bekal dan bersosialisasi serta berinteraksi dengan mahasiswa lainnya yang berasal dari berbagai negara yang berbeda. Mengagumkan, kan?!

#SumberBK

About Syifa Az zahra

Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar. [Sayidina Umar bin Khattab]

Check Also

Sekilas Profil University of Tokyo (UTokyo)

Jika kamu ingin melanjutkan studi di luar negeri, bisa jadi Jepang adalah salah satu negara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *