Home / Dunia / Universitas / Sekilas Profil Institut Teknologi California

Sekilas Profil Institut Teknologi California

Institut Teknologi CaliforniaInstitut Teknologi California (Caltech) merupakan sebuah universitas riset swasta yang berada di Pasadena, California, Amerika Serikat. Caltech memiliki 6 divisi akademik dengan penekanan kuat pada bidang Sains dan Teknik. Kampus utamanya seluas 124 hektar terletak sekitar 11 mil (18 km) di timur laut dari pusat kota Los Angeles.

Sebelum memutuskan untuk kuliah di Caltech, perlu diketahui bahwa California adalah sebuah negara bagian yang terletak di pesisir barat Amerika Serikat, dengan penduduk terbanyak di AS. Andaikata California sebuah negara merdeka, dia akan berada dalam posisi ke-6 dan ke-9 ekonomi di dunia. Dan juga negara bagian paling beragam suku bangsa di AS, julukan resminya adalah ‘The Golden State’. Ini merupakan bagian dari sejarah 1849 California pada masa Gold Rush, tetapi juga menunjuk kepada rumput setempat yang berubah menjadi warna emas pada musim panas. Singkatan pos A.S.nya adalah CA, dan singkatan Associated Pressnya adalah Calif.

California juga pendorong dominan dari budaya Amerika dan juga ekonomi negara itu, menyumbangkan peningkatan teknologi dan hukum, sebagai tambahan juga membayar lebih ke sistem federal dari keuntungan yang dia terima. Negara bagian ini juga memiliki kota-kota terbesar dan menarik di negara AS, termasuk Los Angeles, San Diego, dan San Francisco. Karena itu, jika kamu melanjutkan kuliah di sana, sempatkan diri kamu juga untuk main-main ke kota-kota tersebut, misalnya ke Los Angeles, kota terpadat di negara bagian California, dan kota terpadat kedua di Amerika Serikat, setelah New York. Dijuluki sebagai ‘City of Angels’, Los Angeles adalah pusat dunia bisnis, perdagangan internasional, hiburan, budaya, media, mode, ilmu pengetahuan, olahraga, teknologi, dan pendidikan terdepan, dan merupakan kota terkaya ke-3 di dunia dan menjadi kota paling kuat dan berpengaruh ke-5 di dunia. Di sini juga merupakan pusat perfilman Hollywood yang menghasilkan film-film box office.

Atau kamu bisa juga mengunjungi San Fransisco, kota yang terkenal dengan Jembatan Golden Gate-nya. Sekarang, San Francisco adalah sebuah kota tujuan wisatawan internasional yang terkenal, terutama karena kabut dingin musim panasnya, perbukitan curam, campuran arsitektur Victoria dan arsitektur modern. Kota ini juga merupakan sebuah pusat perbankan dan keuangan utama, dan rumah bagi lebih dari 30 institusi keuangan internasional yang membantu menempatkan San Francisco pada tingkat ke-18 dalam daftar kota produsen teratas dunia, ke-9 di Amerika Serikat, dan ke-15 dalam daftar 20 pusat keuangan terbaik di dunia.

Meskipun didirikan sebagai sekolah persiapan dan kejuruan oleh Amos G. Throop pada tahun 1891, Institut Teknologi California menarik ilmuwan berpengaruh seperti George Ellery Hale, Arthur Amos Noyes, dan Robert Andrews Millikan pada awal abad ke-20. Sekolah-sekolah kejuruan dan persiapan dibubarkan pada tahun 1910, dan nama perguruan tinggi ini resmi ditetapkan pada tahun 1921. Pada tahun 1934, Caltech terpilih menjadi anggota Asosiasi Universitas Amerika, dan pelopor Jet Propulsion Laboratory NASA, yang mana terus dikelola dan dioperasikan Caltech hingga saat ini, didirikan antara 1936 hingga 1943 di bawah pimpinan Theodore von Karman. Universitas ini merupakan salah satu di antara sekelompok kecil Institut Teknik di Amerika Serikat yang melakukan pengabdian di bidangteknik dan sains terapan.

Di bawah kepemimpinan Hale, Noyes, Milikan, Caltech tumbuh dengan pesat. Pada tahun 1923, Milikan mendapatkan hadiah nobel Fisika. Pada masa yang sama, institusi membuka departemen geologi, divisi Biologi (di bawah pimpinan Thomas Hunt Morgan –ahli Biologi & penemu peran gen kromosom). Pada tahun 1928, pembangunan Observatorium Palomar. Milikan mengundang beberapa ilmuwan terkenal seperti Paul Dirac, Erwin Scrodinger, werner Heisenberg, Hendrik Loretz, Niels Bohr dan Albert Einstein. Einstein kemudian menjadi profesor tamu.

Caltech adalah rumah bagi Murray Gell Mann dan Richard Feynman, yang bekerja dengan pembentukan model standra fisika partikel. Sejak tahun 2000, Paper Proyek Einstein ditemukan di Caltech. Pada tahun 2010, institusi menjalin kemitraan dengan Lawrence Berkeley National Laboratory yang dipimpin oleh Prof. Nathan Lewis –membentuk DOE Enovasi Hub. Caltech juga membuat forum bernama TEDx pada tahun 2011 dengan tema “Feynman Visi: The Next 50 Years.”

Institut telah mengoperasikan berbagai lembaga kajian, studi maupun penelitian di antaranya: Observatorium Palomar, Lembah Owen Radio Observatory, WM Keck Observatory, Laser Interferometer Gravitational Wave Observatory, Kerckhoff Marine Laboratory, Kavli nanosains Institute, Keck Institute for Space Studies.
Meskipun kampusnya tidak terlalu besar, 32 alumni Caltech dan fakultas telah memenangkan total 33 penghargaan Nobel, dengan Linus Pauling menjadi satu-satunya individu di dalam sejarah yang memenangkan 2 hadiah Nobel tak terbagi, dan 70 telah memenangkan United States National Medal of Science or Technology. Ada 112 anggota fakultas yang telah terpilih ke National Academies. Selain itu, banyak anggota fakultas yang berasosiasi dengan Howard Hughes Medical Institute serta NASA. Caltech mendapat sponsor sebesar USD332 milyar pada tahun 2011 untuk penelitian, dan sumbangan USD1850 milyar untuk pengembangan universitas pada tahun 2013. Universitas ini juga memiliki bersaing ketat dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Presiden Caltech dari masa ke masa

• James Brown A. Scherer (presiden Caltech pertama)
• Robert A. Milikan (1921-1945) Fisikawan ekperimental & pemenang nobel
• Lee A. Dubridge (1946-1969) Fisikawan Eksperimental
• Harold Brown (1969-1977) ahli Fisika
• Robert F. Christy (1977-1978) Astrofisikawan
• Marvin L. Goldberger (1978-1987) Fisikawan teoritis kini Direktur Institute for Advanced Studies
• Thomas E. Everhart (1987-1997) Fisikawan eksperimental
• David Baltimore (1997-2006) ahli Biologi Molekuler, pemenang Nobel Fisiologi
• Jean Lou Chameau (2006-2013) Insinyur sipil kini Presiden King Saud University
• Thomas F. Rosenbaum (2014) Fisikawan

Akademik
Institusi ini telah terakreditasi oleh Western Association of Schools and Colleges sejak 1949. Caltech memiliki sistem kuartal (caturwulan) tahunan: caturwulan pertama dimulai pada akhir September dan berakhir sebelum Natal, caturwulan kedua dimulai setelah tahun baru dan berakhir pada pertengahan Maret, dan kuartal ketiga dimulai pada akhir Maret atau awal April dan berakhir pada awal Juni.
Caltech berada di peringkat 1 internasional sejak tahun 2011 berdasarkan Times Higher Education World University Rankings, dan universitas ini juga menduduki peringkat sebagai universitas terbaik di dunia dalam dua kategori: Teknik & Teknologi dan Sains Fisika. Pada tahun 2012, Center for World University Rankings memberikan Caltech peringkat ke-5 di dunia dan ke-4 secara nasional dalam Surat CWUR World University

Rankings
US News & World Report meletakkan Caltech sebagai universitas terbaik ke-10 di Amerika Serikat pada tahun 2013 dalam peringkat perguruan tinggi nasional mereka, bersama-sama dengan Dartmouth College. Menurut U.S. News & World Report’s Best Graduate Schools 2011, “Institut Teknologi Californiamenempati peringkat baru, dengan ‘top three’ jurusan atas dalam 3 kategori: kimia, ilmu bumi, dan fisika”.

Dewan Penelitian Nasional Amerika Serikat merilis penilaian terbaru dari Penelitian Program Doktor pada tahun 2010, dan 23 dari 24 program pascasarjana di Caltech masuk dalam peringkat 4 program negara sebagaimana ditentukan oleh peringkat R95 dan S95. Berdasarkan catatan khusus, program yang ditempatkan dalam 10% dari semua program didasarkan pada rata-rata urutan peringkat R95 dan S95 termasuk Aeronautics, Astrofisika, Biokimia dan Biofisika Molekuler, Bioengineering, Biologi, Teknik Kimia, Kimia, Teknik Elektro, Teknik dan Ilmu Lingkungan, Geologi, Geofisika, Material Science, Teknik Mesin, Fisika, Planetary Science, dan Ilmu Sosial (Ekonomi).

Pada tahun 2013, sebuah makalah yang diterbitkan dalam Quarterly Journal of Economics meletakkan Caltech pada peringkat 2 di AS (setelah Harvard) untuk mengungkapkan preferensi. Sampel dari penelitian ini adalah 3.240 siswa berprestasi (siswa peringkat dari sekolah menengah umum atau dari kelas SMA swasta). Peringkat didasarkan pada jumlah siswa yang diterima.

Meskipun tidak sebesar rival abadi, MIT, Caltech telah melampaui MIT dalam peringkat universitas versi THE 2013-2014. Caltech menempati urutan pertama level global, dan nasional. Namun dari subyek Technology, Caltech (peringkat 4) di bawah MIT (peringkat pertama), untuk subyek Life Science Caltech peringkat 7.

Kehidupan mahasiswa
Caltech menerima 997 mahasiswa sarjana dan 1.246 mahasiswa pascasarjana untuk tahun ajaran 2012-2013. Prosentase mahasiswi mencapai 38% dari sarjana dan 29% dari pascasarjana. Sekitar 68% dari mahasiswa non-internasional berasal dari luar negara bagian. Caltech menerima 5.535 aplikasi untuk kelas tahun 2017: 584 mendaftar (10,6%) dan hanya 249 dari mereka yang diterima. Rentang interkuartil untuk skor SAT tahun siswa pertama ‘adalah 2230-2340, dan kisaran interkuartil untuk ACT adalah 33 sampai 35.

Tingkat kelulusan 4 tahun adalah 79% dan tingkat kelulusan 6 tahun adalah 92%, yang rendah dibandingkan dengan kebanyakan universitas terkemuka AS, tetapi jauh lebih tinggi daripada di tahun 1960-an dan 70-an. Mahasiswa jurusan bidang STEM tradisional memiliki tingkat kelulusan di bawah 70%.

Asrama
Pada awal abad ke-20, sebuah komite Caltech mengunjungi beberapa universitas dan memutuskan untuk mengubah sistem tempat tinggal mahasiswa. Empat rumah di bagian selatan (atau hovses) dibangun: Blacker House, Dabney House, Fleming House dan Ricketts House. Pada tahun 1960, tiga rumah di bagian utara dibangun: Lloyd House, Page House, dan Ruddock House, dan selama tahun 1990-an, dibangun juga Avery House. Empat rumah bagian selatan ditutup untuk renovasi pada tahun 2005 dan dibuka kembali pada tahun 2006. Semua siswa tahun pertama hidup dalam sistem asrama dan 95% dari mahasiswa tetap di dalamnya.

Atletik
Caltech memiliki tim atletik di olahraga bisbol, basket laki-laki dan perempuan, cross country, anggar, sepak bola pria, berenang dan menyelam, tenis laki-laki dan perempuan, voli perempuan, dan polo air. Maskot Caltech adalah Beaver, dan tim-nya (pengecualian tim anggar) bermain di Southern California Intercollegiate Athletic Conference, yang digagas Caltech juga pada tahun 1915. Tim anggar bersaing di NCAA Divisi I, menghadapi tim dari UCLA, USC, UCSD, dan Stanford.

Pada tanggal 6 Januari 2007, tim bola basket pria Beaver yang mengalami 207 kekalahan beruntun dari sekolah-sekolah Divisi III, lalu mengalahkan Universitas Bard 81-52. Itu adalah kemenangan pertama mereka di Divisi III sejak 1996. Sampai kemenangan mereka atas Occidental pada 22 Februari 2011, tim tidak memenangkan pertandingan sejak 1985. Ryan Elmquist dengan lemparan bebasnya 3,3 detik memberi Beavers kemenangan.

Pada tahun 2007, 2008, dan 2009, tim tenis meja putri (klub) berkompetisi nasional. Tim klub Ultimate putri, yang dikenal sebagai “Snatch”, juga telah sangat sukses dalam beberapa tahun terakhir, peringkat 44 dari 200 tim perguruan tinggi di Ultimate Player’s Association.

Pertunjukan dan Seni Visual
The Caltech/Occidental College Orchestra adalah grup yang berisi penuh dengan 70 bagian orkestra yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan staf di Caltech dan dekat Occidental College. Orkestra menampilkan 3 konser setiap tahunnya, baik di Caltech maupun Occidental College. Ada juga 2 Caltech Jazz Bands dan konser band. Untuk musik vokal, Caltech memiliki ‘Glee Club’ untuk pria maupun wanita. Program teater di Caltech dikenal sebagai TACITE, atau Seni Teater. Ada 2 hingga 3 drama yang ditampilkan per tahunnya, dan mereka terlibat dalam produksi PHD Movie, dirilis pada tahun 2011.

Orang-orang & Alumni Caltech
Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, Caltech memiliki 32 pemenang Nobel (18 alumni, 14 non alumni profesor, dan 4 dosen juga alumni: Carld D Anderson, Linus Pauling, William A Fowler, Edward B Lewis). 7 alumni menerima Crafoord Prizes/medal dari Royal Swedish Academy of Sciences RSAS, 57 menerima National Medal of Science, 13 menerima National Medal of Technology, seorang Stanislav Smirnov menerima Fields Medal. 18 alumni memenangkan hadiah Turing Award. Peneliti lain yang sebagai sarjana post doctoral: Barbara McClintock, James D Watson, Sheldon Glashow dan John Gordon. Dan sebagai profesor tamu: Albert Einstein, Stephen Hawking & Edward Witten.

Pemenang Nobel Carld D Anderson (BS 1927, Ph.D 1930) membuktikan keberadaan positron dan muon, Edwin McMillan (BS & MS Caltech) berperan dalam penelitian unsur transuranium, Leo James Rainwater (BS Caltech) menyelidiki bentuk non bulat inti atom, Daouglas D Osheroff (BS Caltech) mempelajari superfluida sifat helium-3, Donald Knuth (Ph.D Caltech) disebut sebagai bapak analisis algoritma, penulis The Art of Computer Programming dan menciptakan TeDX.

C. Gordon Fullerton (astronot), Harrison Schmitt (Geolog yang pernah berjalan di bulan), Eugene Merle Shoemaker (astronot co-penemu Comet Shoemaker-Levy9). Arnold Beckman (alumni) menemukan pH meter-Beckman Instruments), William Schockley (BS Caltech-co penemu semi konduktor transistor-ia sebelumnya bekerja di Bell Labs), Frank Jewett (Bell Labs).

Math Works (menciptakan MatLab), alumni lain bergerak di bidang industri seperti: Hotmail, Compaq, Intel, TRW, Exploratorium. Gordon E Moore (PhD Caltech-Intel), James Fletcher (administrator NASA), Steven Koonin (PhD Caltech-wakil energi ilmu pengetahuan), Arati Prabhakar (direktur DARPA), Regina Dugan (DARPA), Ellen Williams (direktur ARPA-E).

Pemenang Nobel lain: Vernon Smith (BS Caltech), Turing Award (Fernando J Corbato & John McCarthy), Carver Mead (National Medal of Technology), Benoit Mandelbrot (bapak Geometri Fraktal), Frank Capra (pemenang academy awards), Kip Thorne (Fisikawan-co pendiri LIGO), Stephen Wolfram pencipta Mathematica & Wolfram Alpha (penerima MacArthur Fellows), Stanislav Smirnov (Fields Medal-Fisika Statistik).

Nah, sekarang kamu tahu bahwa Institut Teknologi California ternyata telah menghasilkan alumni-alumni keren dan ilmuwan-ilmuwan yang hebat di bidangnya. Jadi, sudah tertarikkah kamu untuk berkuliah di sana?

#SumberBK

About Syifa Az zahra

Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar. [Sayidina Umar bin Khattab]

Check Also

Sekilas Profil University of Tokyo (UTokyo)

Jika kamu ingin melanjutkan studi di luar negeri, bisa jadi Jepang adalah salah satu negara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *